Sabtu, 28 Juli 2018

Khotmil Qur’an di Desa Larangan Slampar



Di desa Larangan Slampar terdapat tradisi yaitu acara Khotmil Qur’an.  Yang mana Khotmil Qur’an adalah acara yang diselenggarakan pada saat seseorang telah selesai mangaji dan membaca Al-Qur’an 30 juz melalui bimbingan atau tanpa bimbingan buat remaja dan dewasa.
Khotmil Qur’an ini merupakan suatu acara yang dilakukan setiap ada seseorang atau individu maupun kelompok yang telah mengkhatam Al-Qur’an. Pada hari Jum’at (27/07/2018) di Dusun Tengah , Desa Larangan Slampar ini telah mengadakan acara Khotmil Qur’an.
Pada saat acara Khotmil Qur’an diadakan, para warga laki-laki di Desa Larangan Slampar, Kec. Tlanakan, Kab. Pamekasan berkumpul ditempat yang telah ditentukan. Kemudian para warga yang telah berkumpul, membaca Al-Qur’an secara bergantian dengan melanjutkan bacaan ayat yang sebelumnya telah dibacakan sampai 30 Juz tanpa waktu yang ditentukan dalam 1 hari tesebut.
Khotmil Qur’an menjadi suatu Tradisi dimana seseorang yang telah Khatam membaca Al-Qur’an 30 Juz akan diadakan acara Khotmil Qur’an. Sebagai wujud rasa syukur itulah maka orang yang telah Khatam kitab suci Al-Qur’an mengadakan syukuran karena telah berhasil menyelesaikan pembacaan Al-Qur’an 30 juz dengan mengadakan acara Khotmil Qur’an. Selaku bapak Ilyas yang mengundang kami untuk mengikuti acara tersebut dan ikut berpartisipasi pada hari itu.
Kita sebagai anak KKN yang berada di desa ini juga berkewajiban untuk mengikuti kegiatan masyarakat sebagai bukti untuk kegiatan kerja kita ke masyarakat sekitar. Bapak Ilyas juga yang membantu kita sebagai narasumber untuk kegiatn dan adat istiadat yang berada di desa ini. Dan kegiatan Khotmil Qur’an ini sudah menjadi kegiatan bahkan adat istiadat di desa ini setiap masyarakat yang sudah membaca atau mengaji Al-Qur’an sampai 30 juz.



Penulis
KKN 99 UTM 2018


1 komentar:

Pamera Online

Desa larangan slampar merupakan salah satu desa yang memiliki komoditas sumber daya alam yang amat melimpah diantaranya tembakau, cabai,...