Sabtu, 28 Juli 2018

Tradisi Setiap Minggu Ibu-Ibu di Desa Larangan Slampar


Muslimat


Aktifitas manusia yang beragam seringkali menghasilkan banyak manfaat. Pada desa Larangan Slampar kecamatan Tlanakan kabupaten Pamekasan ini masih tergolong desa yang agamis. Salah satunya yaitu Muslimatan masyarakat di desa Larangan Slampar Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Muslimatan merupakan suatu acara rutinan yang dilakukan oleh masyarakat Larangan Slampar. Muslimatan ini dilakukan setiap hari jum’at setelah sholat dhuhur pada jam 13.00 WIB. Acara tersebut dilaksanakan masjid Larangan Slampar yaitu Masjid Ar Rahman. Akan tetapi, pada setiap 1 pon acara muslimatan ini ditempatkan di Musholla Al Hidayah. Acara Muslimatan ini dipimpin oleh Ketua PKK ibu Sulastri. Masyarakat di Desa Larangan Slampar Kecamatan Tlankan Kabupaten Pamekasan bersama mahasiswa KKN Kelompok 99 Universitas Trunojoyo madura ikut serta dalam melaksanakan acara Muslimatan tersebut atas ajakan dari Ketua PKK Larangan Slampar.
Tujuan dilakukan acara muslimatan ini agar masyarakat dapat menjalin tali silaturrahmi antar warga sekitar Larangan Slampar. Susunan acara dari Muslimatan ini berawal dari pembukaan yang diisi dengan pembacaan Al-Fatihah, dilanjutkan membaca Surat Yasiin yang dibacakan oleh masyarakat di desa Larangan Slampar , selanjutnya pembacaan tahlil yang dipimpin oleh ketua Yayasan Masjid Ar-Rahman, membaca sholawat nabi dengan bersama, ceramah agama yang dibawakan oleh Ustadz Ibadur Rahman dan diakhiri dengan pembacaan doa. Acara muslimatan ini juga merupakan acara yang diselingi dengan arisan ibu-ibu masyarakat Larangan Slampar.
Masyarakat di Desa Larangan Slampar ini sangan terbuka dan justru sangat mendukung akan kehadiran Mahasiswa KKN 99 UTM ini untuk ikut berpartisipasi dalam acara Muslimatan yang rutin dilakukan ini. “sangat senang dengan kehadiran Mahasiswa KKN kelompok 99 Universitas Trunojoyo Madura ini, kami menunggu kehadiran kalian di acara Muslimatan yang selanjutnya”, ucap Ibu Sulastri selaku Ketua PKK di desa Larangan Selampar.





Penulis 
KKN 99 UTM 2018



1 komentar:

Pamera Online

Desa larangan slampar merupakan salah satu desa yang memiliki komoditas sumber daya alam yang amat melimpah diantaranya tembakau, cabai,...