Kamis, 09 Agustus 2018

Agamis Sebagai Pondasi Pendidikan Di Desa Larangan Slampar


       

        Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses belajar mengajar antara peserta didik dan pendidik. Hal tersebut didukung dengan adanya lembaga sekolah yang melibatkan murid dan guru. Pendidikan sebagai penunjang kehidupan seseorang untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya tidak seperti zaman dahulu yang hanya mengandalkan pengalaman tanpa ada dasar dalam melakukan pekerjaanya. Tujuan pendidikan bukan sekedar untuk mendapatkan pekerjaan melainkan untuk menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta menambah wawasan. Pendidikan di Desa Larangan Slampar lebih bersifat Islami ketimbang di desa lainnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya sekolah yang berbasis Islam seperti sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang setara dengan SD, MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang serata dengan SMP, MA (Madrasah Aliyah) yang setara dengan SMA/SMK. Selain itu, di Desa Larangan Slampar juga mendalami ilmu agama dengan adanya Madrasah Diniyah dari tingkat MI, ULA, dan WUSTHO. Sekolah tersebut biasanya dilaksanakan setelah sekolah umum yang dilakukan pada jam 13.00 - 16.00 WIB.



KKN Tematik 99 Universitas Trunojoyo Madura memiliki sebuah program kerja yang bergerak dibidang pendidikan. Lembaga pendidikan yang diambil oleh KKN Tematik 99 untuk proses mengajar yaitu MTs Ar Rahman, SDN Larangan Slampar 1 dan TK Hidayatul Ulum. Lembaga tersebut sangat antusias dengan kehadiran mahasiswa KKN karena dengan adanya mahasiswa KKN mereka sangat terbantu dalam hal mengajar. Tenaga mengajar di Desa Larangan Slampar masih tergolong minim dibandingkan dengan desa lainnya. Selama 26 hari KKN Tematik 99 Universitas Trunojoyo Madura mengajar di 3 sekolah tersebut. Metode yang diterapkan sesuai dengan kurikulum yang ada di madrasah seperti halnya menggunakan buku panduan yang ada dan khusus untuk anak TK metode yang diterapkan lebih kepada cara bersosialisasi dengan baik, belajar mewarnai, menyanyi, dan bermain untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak. Pada anak usia dini anak-anak lebih cenderung mencontohkan apa yang dilihat sehingga kami berusaha memberikan teladan sebaik mungkin agar bisa dicontoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran kami memberikan motivasi supaya mereka semangat belajar dan mereka antusias untuk mengikuti kegiatan yang kita adakan seperti keberanian untuk maju kedepan kelas untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing. Untuk lebih dekat dengan mereka kami memberikan beberapa permainan untuk mencairkan suasana supaya dikelas tidak membosankan. Semoga dengan kehadiran kami dapat  memperbaiki kekurangan yang ada di MTs dan TK untuk dijadikan bahan evaluasi baik dari mengajar maupun mutu pendidikan serta mencapai tujuan visi misi yang mereka terapkan.


Berikut beberapa kegiatan mengajar di TK, SD dan MTS karena kita tidak mengajar hanya berpacu pada satu mata pelajaran tapi kita juga mengajar berbagai pelajaran umum seperti Matematika, Bhs Indonesia, B Inggris, PKN, IPA, IPS, Penjas. jadi pada waktu kita mengajar bagaimana cara kita agar membuat para murid supaya tidak bosan dengan kegiatan kita, setidaknya kita bisa menghibur mereka semua dengan candaan yang berhubungan dengan pelajaran ataupun materi - materi lain tapi nilainya positif.


 
       
Berikut adalah kegiatan kita ketika mengajar di SDN Larangan Slampar 1 dan siswa siswi disini lebih suka bermain dari pada belajar jadi bagaimana cara kita agar membuat mereka tidak bosan dengan kita mengajar.


             



     
               Pada siswa-siswi MTs, mereka lebih dominan pada mata pelajaran keislamannya. siswa-siswi MTs Ar-Rahman ini pemalu jadi kita buat bagaimana mereka agar bisa terbuka. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan cara pengenalan dulu dari diri kita masing-masing supaya lebih akrab dan memberikan hiburan atau permainan sebagai cara agar kita lebih akrab dengan mereka. Seperti gambar diatas adalah kegiatan mengajar kita sekaligus juga pengakrapan kita dengan kegiatan mengajar kita.


PENULIS
KKN TEMATIK 99 UTM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pamera Online

Desa larangan slampar merupakan salah satu desa yang memiliki komoditas sumber daya alam yang amat melimpah diantaranya tembakau, cabai,...